Inilah Jembatan Angker di Indonesia Menurut Kisah Misterinya

Barutau.id - Ada berapa jembatan angker di Indonesia yang paling seram dan berhantu? Mungkin kalau di jumlahkan dari semua kota atau daerah banyak sekali. Namun kali ini saya hanya merangkum 7 jembatan dari berbagai kota di indonesia.

Dikutip dari wikipedia, jembatan adalah struktur yang bangun untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Jembatan dibuat sebagai penyeberangan pejalan kaki, kendaraan atau kereta api di atas halangan. Jembatan juga bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam aliran perjalanan (traffic flows).

Jembatan Angker di Indonesia

Namun apa jadinya jika jembatan yang biasa Anda lewati merupakan sebuah jembatan paling angker di Indonesia.

Indonesia selalu punya cerita menarik untuk dibahas, salah satunya dari sisi supranatural. Banyak kisah-kisah mistis di balik bangunan tua, di jalan, hingga jembatan, dan disinyalir menjadi tempat angker.

Kali ini barutau.id telah merangkum 7 jembatan angker di Indonesia paling berhantu beserta kisah cerita dari masyarakat setempat.

Jembatan Angker di Indonesia


1. Jembatan Suramadu

Jembatan yang dipercaya angker yang pertama ialah jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Surabaya dan Madura. Walau usianya masih muda, namun Jembatan Suramadu dapat membuat bulu kuduk Anda berdirinya.

September 2014 lalu terjadi kecelakaan yang melibatkan 5 mobil dan menewaskan salah satu pengemudinya.


Menurut cerita yang beredar, malam sebelum kecelakaan beruntun tersebut, masyarakat melihat sosok wanita berambut panjang dan bergaun putih wara-wiri di dekat pintu tol.

Sosok perempuan itu diyakini sundel bolong, karena bagian belakang tubuhnya tampak bolong menyeramkan. Selain kemunculan sosok wanita, para pengemudi kerap dibuat bingung dengan jalan yang bercabang menjadi dua.

Padahal jalan tersebut hanya satu dan tidak bercabang. Akibatnya mobil terperosok ke sawah di pinggir jalan Suramadu.

2. Jembatan Eretan di Indramayu

Masa penjajahan Jepang, menyisahkan jembatan tua yang terkenal seram di Indramayu. Di jembatan eretan, masyarakat kerap melihat makhluk astral yang menyerupai manusia. Sosok itu kerap meminta tumpangan untuk diantar pulang.

Namun sesampainya di tempat tujuan sosok jadi-jadian tersebut menghilang dan rumah tujuan pun berubah menjadi kuburan. Tak hanya itu, kecelakaan kerap terjadi di jembatan ini.

Para pengemudi pun diminta menurunkan kecepatan laju mobil dan menyalakan klakson agar terhindar dari kecelakaan. Cerita cerita mistis itu pun kian mencekam karena adanya kuburan di sisi kanan dan kiri jembatan.

3. Jembatan Comal, Pemalang

Jembatan Comal yang terletak di Pemalang seringkali terjadi kecelakaan hingga memakan korban meninggal dunia. Hal tersebut sering dikaitkan dengan keangkeran jembatan Comal yang sering meminta tumbal.


Tidak hanya memakan korban, masyarakat sekitar jembatan menyakini jika terdapat tiga Kerajaan gaib di jembatan tersebut.

Salah satu penguasa jembatan adalah sosok buaya putih berukuran besar dan mengerikan. Salah satu cerita misterius yang mengaitkan jika robohnya jembatan Comal pada 2014 silam karena Siluman Buaya Putih tengah mengamuk.

Selain buaya putih, siluman ular juga menjadi penunggu jembatan Comal. Sosok siluman ular dipercaya memiliki kepala manusia dan berukuran sangat besar melebihi lebar sungai.

4. Jembatan Jiwan di Jalan Magetan

Jembatan angker berikutnya ada di Madiun. Jembatan Jiwan di Jalan Magetan memiliki cerita horor yang sudah tak asing di kalangan pengemudi bus. Kecelakaan yang terjadi kerap disangkutpautkan dengan sosok wanita penunggu bernama Sadikem.

Menurut cerita Sadikem adalah seorang perempuan cantik yang baru saja menikah. Menurut kebudayaan Jawa ada larangan yang dinamakan sepasaran yaitu larangan bagi pengantin baru untuk beraktivitas diluar rumah sebelum 7 hari pernikahan.

Saat itu Sadikem melanggar adat tersebut, ia mencuci baju ke sungai di bawah jembatan. Kemudian Sadikem pun hanyut secara misterius. Sejak saat Sadikem menampakan diri di jembatan dan mengakibatkan kecelakaan bagi pengemudi bus yang melihatnya.
Baca juga : Misteri Bangunan Angker di Indonesia yang Paling Menakutkan

5. Jembatan Musi 2

Jembatan Musi 2 berdiri membelah Sungai Musi yang terletak di daerah Palembang. Jika anda melintasi jembatan ini di malam hari sebaiknya Anda berhati-hati dan tengok jok belakang mobil anda.


Konon, sosok noni Belanda berambut pirang dengan pakaian berwarna merah kerap menumpang mobil yang melintas.

Menurut cerita pada zaman dahulu ada seorang noni Belanda cantik yang dinodai dan dibunuh. Jasadnya dihanyutkan ke sungai Musi untuk menghilangkan jejak. Sejak saat itu noni Belanda sering menampakan diri dan menumpang di dalam mobil.

Tak jarang keusilan makhluk astral ini membuat pengemudi kaget dan kehilangan kendali, sehingga terjadi kecelakaan.

6. Jembatan Merah Surabaya

Jembatan Merah Surabaya dibangun pada tahun 1743 jembatan ini menjadi saksi bisu tewasnya seorang Perwira Muda eksekutif dari Kerajaan Inggris Brigjen a.w.s. Mallaby. Pada tahun 1945. Brigjen a.w.s. Mallaby dikirim oleh sekutu untuk memimpin pertempuran di Surabaya.
Baca juga : 7 Kisah Restoran Angker di Dunia Paling Berhantu dan Menyeramkan
Na’as, mobil yang ditumpanginya berhasil diledakan oleh arek-arek Surabaya tepat di atas jembatan. Konon percikkan darah tersebutlah awal mula penamaan jembatan ini.

Meski belum dapat dipastikan jangan coba-coba Anda berjalan seorang diri di jembatan merah ini. Jika anda tidak ingin melihat kemunculan sosok astral berupa manusia di zaman penjajahan.
Selain itu anda jangan coba-coba menghirup udara terlalu dalam karena bau anyir darah dan bau bangkai akan membuat Anda ketakutan.

7. Jembatan Sewo Indramayu

Ternyata ada kisah mistis dibalik jembatan Sewo ini. Jembatan Sewo dalam bahasa Indonesia berarti jembatan sewa. Karena pengendara yang lewat harus melempar kan koin sebagai tanda menyewa jalan saat melintas, agar terhindar dari gangguan gaib.


Nama Saidah dan Saini begitu melekat dengan jembatan Sewo. Konon, Saidah dan Saini ditinggal ayahnya menikah lagi dan sang Ibu meninggal dunia. Suatu hari Saidah dan Saini ditinggal sang ibu tiri di tengah hutan.

Kemudian mereka bertemu kakek tua yang menjadikan mereka penari Ronggeng untuk bertahan hidup dan mendapatkan uang. Namun dengan syarat, setelah habis waktu perjanjian Saidah dan Saini akan berubah menjadi buaya.

Kehidupan Saidah dan Saini pun semakin membaik dengan menari Ronggeng. Namun waktu perjanjian telah habis mereka pun berubah menjadi buaya putih penunggu jembatan.

Itulah 7 jembatan angker yang ada di Indonesia yang paling seram dan berhantu menurut cerita masyarakat setempat. Apakah salah satunya ada di kota daerah anda tinggal? Atau ada jembatan yang lebih menakutkan lainya? silahkan share cerita anda di komentar :)

0 Response to "Inilah Jembatan Angker di Indonesia Menurut Kisah Misterinya"

Post a Comment