Kisah Misteri Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan yang Melegenda

Kisah misteri Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan yang melegenda. Siapa yang tidak tau kisah wanita cantik penguasa Pantai Selatan yakni Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan. Merupakan sebuah legenda berkaitan dengan adanya sosok misterius penjaga Wilayah perairan di Selatan Jawa.

Keberadaan mitos yang ada kemudian diwariskan secara turun-temurun hingga kini. Meski belum tentu benar, mitos akan Ratu Pantai Selatan mengakar begitu kuat bagi sebagian masyarakat Jawa terutama para penganut kepercayaan kejawen.


Beberapa versi muncul, tentang asal-muasal wanita Sakti mandraguna ini. Memang tidak diketahui dengan pasti sejak kapan legenda ini dikenal. Namun hingga kini masih menjadi sebuah misteri. Ada yang menyebut sang ratu dengan Kanjeng Gusti Ratu Kidul. Ada pula yang menyebutnya dengan Nyi Roro Kidul.

Lalu, siapakah sebenarnya sosok misterius ini? untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut misteri Nyi roro Kidul Ratu Pantai Selatan.

Kisah Misteri Nyi Roro Kidul Ratu Pantau Selatan


Di kalangan masyarakat Sunda berkembang anggapan bahwa Ratu Kidul merupakan titisan seorang Putri Pajajaran. Bagi masyarakat yang tinggal di Jawa, Nyi Roro Kidul selalu dipercaya sebagai penguasa laut selatan.

Mitologi Jawa menyebutkan, Kanjeng Ratu Kidul ialah ciptaan dari dewa Kaping Telu yang ditugaskan untuk menjaga. Sedangkan Nyai Roro Kidul merupakan putri kerajaan Sunda yang diusir sama ayah karena ulah ibu tirinya.

Disebutkan juga cerita-cerita yang terkait antara Kanjeng Ratu Kidul dengan Nyi Roro Kidul. Bisa dikatakan berbeda fase tahapan kehidupan. Dalam keyakinan orang Jawa Kanjeng Ratu Kidul memiliki pembantu Setia bernama Nyai atau Nyi Roro Kidul.

Selain dalam mitologi Jawa kuno versi lain di tanah Jawa yang beredar mengatakan Ratu Kidul ini merupakan Dewi Nawang Wulan. Disebutkan Dewi Nawang Wulan adalah seorang Dewi Kahyangan yang selendangnya dicuri oleh Jaka Tarub sehingga ia tidak bisa lagi kahyangan.

Melihat hal tersebut Jaka Tarub memanfaatkan situasi dan pada akhirnya ia menikahi Dewi Nawang Wulan. Dewi yang dikenal baik hati dan bijaksana ini dikutuk oleh kerajaan langit karena sudah berani menikah dengan manusia. Di mana hal tersebut sangat haram hukumnya bagi kerajaan langit.

Akhirnya Dewi Nawang Wulan pun dikutuk menjadi sebangsa makhluk halus yang diperintahkan untuk menjaga pulau jawa. Agar tidak tenggelam karena keganasan Samudera Hindia.

Jika dicermati, seluruh versi mengenai Legenda Ratu Pantai Selatan ternyata banyak memiliki kemiripan. Mungkin sebenarnya kisah-kisah ini berasal dari satu kisah yang sama kemudian diceritakan secara turun temurun dengan tambahan atau perubahan cerita sesuai dengan kearifan local.

Wujud Asli Nyi Roro Kidul Ratu Pantai Selatan


Terdapat beberapa pengakuan dari masyarakat yang pernah bertemu dengan Ratu Pantai Selatan secara langsung ataupun melalui mimpi. Diantaranya ada yang menyebutkan, bahwa sang ratu mempunyai paras cantik dengan rambut hitam panjang terurai indah.

Kemudian pada tubuhnya terbalut kemben hijau dengan selendang panjang menjuntai, serta dilengkapi perhiasan dan mahkota yang terbuat dari emas.

Pada tahun 1998, ada seorang spiritualis yang mengaku pernah bertemu dengan Kanjeng Ratu Kidul di Pantai Parangtritis Yogyakarta. Saat itu Kanjeng Ratu Kidul didampingi oleh pendampingnya yaitu Nyai Roro Kidul.

Keduanya memang sangat persis, tapi Kanjeng Ratu kulitnya kuning langsat sementara Nyai Roro Kidul agak kecoklatan. Kanjeng Ratu Kidul dikatakan mempunyai Aura putih jernih dan gemerlapan seperti berlian bulat mengiringi seluruh tubuhnya. Sedangkan Aura Nyai Roro Kidul berwarna putih susu seperti cahaya lampu neon tipis putih mengikuti postur tubuhnya.

Jika Nyi Roro Kidul dalam memunculkan dirinya di dunia nyata kerapkali ia menaiki kereta kencana yang ditarik oleh kuda-kuda besar. Selain itu terkadang di sekitar Kereta Kencana juga terdapat dayang-dayang ataupun pengawal yang setia menemani.

Selain paras yang terkenal cantik, ternyata masyarakat percaya bahwa Ratu Pantai Selatan juga bisa berubah wujud menjadi seekor ular naga. Hal itu diperkuat dengan adanya cerita masyarakat di daerah pantai laut selatan yang pernah melihat sosok ular naga raksasa.

Konon, latar belakang Ratu Pantai Selatan sebagai seorang putri yang pernah terkena penyakit kulit menyerupai sisik ular, sering dikait-kaitkan dengan wujud ular naga tersebut.
Baca juga : Mungungkap Fakta Gunung Rinjani dan Kisah Misteri Para Pendak
Legenda Jawa dari abad ke-16 menyatakan Kanjeng Ratu Kidul merupakan pelindung sekaligus pasangan spiritual para raja kerajaan Mataram. Panembahan Senopati pendiri Kesultanan Mataram dan cucunya Sultan Agung Hanyakrakusuma menyebut kanjeng Ratu Kidul sebagai mempelai mereka.

Hal tersebut tertuang dalam Babad Tanah Jawi atau dalam sejarah tanah Jawa. Sebelum bertemu dengan Panembahan Senopati Ratu Pantai Selatan dikenal luas ke berbagai kerajaan yang ada di pulau Jawa sebagai wanita cantik yang sakti.

Mendengar hal tersebut, banyak Pangeran Muda dari berbagai kerajaan ingin mempersunting dirinya. Meditasinya menyebabkan terjadi fenomena Supernatural yang mengganggu kerajaan di laut selatan. Sang ratu lalu datang ke pantai untuk melihat siapa yang menyebabkan gangguan tersebut.

Saat melihat seorang pangeran tampan Ia lalu jatuh cinta dan meminta Panembahan Senopati untuk menghentikan tapanya. Sebagai ganti sang ratu penguasa alam spiritual di laut selatan setuju untuk membantunya dalam mendirikan kerajaan yang baru.
Baca Juga : Inilah Jembatan Angker di Indonesia Menurut Kisah Misterinya
Untuk menjadi pelindung spiritual kerajaan tersebut, sang ratu dilamar oleh Panembahan Senopati menjadi pasangan spiritualnya, serta semua penggantian nanti yaitu para raja Mataram.

Hingga kini memang belum ada pembuktian sejarah yang bisa menjawab benar tidaknya keberadaan Ratu Pantai Selatan. Cerita misteri Kanjeng Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul telah menjadi legenda yang amat menarik hingga kini.

Banyaknya versi yang menceritakan siapa sosok sang ratu bisa dikatakan sah-sah saja. Karena setiap pandangan atau perspektif memiliki kebenarannya tersendiri. Itulah tadi misteri Nyi Roro Kidul Ratu Pantai Selatan versi barutau.id.

1 Response to "Kisah Misteri Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan yang Melegenda"

  1. legenda paling populer, sangat menarik topiknya mas

    ReplyDelete